News

Informasi pekembangan dunia percetakan, bisnis dan teknologi

6 Ide Strategi Marketing Offline Untuk Bisnis Rumahan
04 September 2020

Strategi bisnis tentu perlu diterapkan sesuai dengan jenis bisnis yang dijalani, tidak terkecuali bisnis rumahan. Terkadang kemajuan teknologi sendiri membuat pebisnis condong pada marketing online. Padahal, baik secara online maupun offline, strategi marketing tetap harus dijalankan.


Nah, untuk marketing offline dari bisnis rumahan sendiri, Anda dapat meningkatkan penjualan dengan melakukan 6 strategi berikut ini :


Memiliki Business Card

Strategi marketing offline pertama yang dapat Anda terapkan bagi bisnis rumahan Anda adalah dengan memberikan business card Anda pada orang yang Anda temui dan berpotensi menjadi klien atau konsumen Anda. Business card ini juga dapat menjadi kartu identitas yang lebih terpercaya dan berkelas. Sayangnya, banyak pebisnis yang mengabaikan pentingnya business card. Padahal, ini juga bisa menjadi media promosi secara tidak langsung.


Memperluas Network/Link

Dalam dunia bisnis, beberapa klien terkadang tidak peduli seberapa hebat Anda. Bagi klien, lebih penting dari itu adalah Anda paham mengenai apa yang diinginkan dan dibutuhkan olehnya. Oleh sebab itu, perbanyaklah berkenalan dengan banyak orang khususnya mereka yang berpotensi membuat Anda belajar banyak hal untuk lebih memahami klien Anda.

Perluaslah pertemanan, perbanyak network dan link serta fokus dan belajarkan mengerti keinginkan klien dan konsumen Anda dengan cara meyakinkan yang baik.


Berikan Kupon Diskon Pada Konsumen

Tidak dapat dipungkiri bahwa diskon memang menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Dengan demikian tidak ada salahnya memberikan diskon pada event tertentu khususnya pada pelanggan baru. Selain itu, jangan lupa membagikan brosur toko serta business card Anda agar lebih menarik dan terpercaya tentunya.


Mengadakan Seminar atau Talkshow

Cara mengenalkan bisnis tidak selalu melalui brosur. Anda dapat menggunakan cara yang tidak hanya mengenalkan toko Anda tetapi juga mengenalkan siapa diri Anda. Caranya adalah dengan hadir sebagai pembicara dalam sebuah seminar atau talkshow. Selain meningkatkan strategi marketing, cara ini juga dapat meningkatkan kredibilitas Anda sebagai pebisnis.  

Anda tidak perlu mengadakan acara ini sendiri karena biayanya tentu lebih mahal. Cobalah kontak komunitas atau perguruan tinggi tempat belajar dulu yang dapat Anda ajak kerja sama.


Buatlah Pameran

Selain mengadakan seminar atau talkshow, Anda juga dapat membuat pameran yang mengenalkan produk Anda pada konsumen. Biasanya event seperti ini lebih banyak disukai oleh konsumen. Tetapi jangan lupa bagikan brosur event Anda dan sisipkanlah hiburan didalamnya agar konsumen betah berlama-lama.


Perkenalkan dan Promosikan Produk Di Media Cetak

Sosial media yang mulai merajai tidak berarti media cetak mulai tidak digemari. Masih banyak loh yang suka membaca banyak hal di media cetak ketimbang bermain sosmed. Dengan demikian manfaatkan hal ini dengan mempromosikan produk Anda di media cetak. Cantumkanlah foto produk terbaik Anda dengan deskripsi fungsi produk dan keunggulannya yang dapat menciptakan rasa penasaran pembaca.

 

Selain ke 6 cara di atas, Anda juga dapat meningkatkan strategi marketing offline Anda dengan memberikan give away, potongan harga untuk minimal pembelanjaan tertentu, dan lain-lain. Intinya, kreatif dan pahamilah keinginan konsumen dengan memposisikan diri sebagai pembeli.

Artikel Lainnya
Get interesting updates and special offer
Location
Jl. Pekayon Raya No. 45C, Pekayon Jaya, Bekasi
Call Us
Senin - Sabtu | 09.00 - 18.00
Phone.
(021) 82748265
Mobile.
6285899991818
Home Stationary Promotion Signage & Display Offset Others Promosi Artikel Tentang Kami
Luprintz adalah sebuah jasa percetakan digital (Digital Printing) yang melayani berbagai kebutuhan cetak anda seperti stationary, promosi, signange, display dll. Kami memberikan kualitas cetak yang terjamin dengan harga yang kompetitif sehingga membantu anda lebih efisien dalam mencetak keperluan anda.